Sabtu, 01 Juni 2013

My Last Post. Taste it!

          Namaku Queennytha Chairunnisa Mutiara Az-zahra, biasa dipanggil Nisa. Aku berusia 15 tahun kelas X SMA (1 SMA). Sekolahku di SMA Negeri 12 Jakarta Selatan. Dulu SD dan SMP ku di Bandung, Aku ikut dengan keluargaku pindah ke Jakarta karena orang tuaku kerja dan kakakku yang kuliah di Jakarta. Disini, dilinkunganku, Aku belum mendapatkan teman untuk bermain karena Aku baru 2 bulan pindah disini. Mudah-mudahan Aku bisa deh beradptasi dengan lingkungan baruku.
          Disekolah, Aku mempunyai banyak teman mulai dari teman sekelas, kakak kelas, hingga guru pun Aku jadikan teman. Tapi bedanya Aku lebih hormati sih. Hihihi
           Suatu sore, Aku sedang berkeliling taman komplek rumahku menggunakan sepeda. Lalu Aku berhenti untuk sekedar duduk-duduk di bangku taman yang ramai dengan anak-anak dan beberapa pedagang penjual mainan. Pada hari itu, baru pertama kalinya Aku menggunakan celana jeans yang model pensil dengan atasan kaos biru panjang serta jilbab putih kebiru-biruan. Karna selama di Bandung Aku lebih suka memakai celana yang seperti celana anak laki-laki. Walaupun berjilbab, Aku ini termasuk tomboy loh……
         “Hhhm, air mancur itu bagus sekali dengan tambahan pemandangan taman ini yang asri”, pekikku dalam hati.
           Aku tersenyum-senyum sendiri sambil terus memandangi suasana yang indah ini.
         “Hay, boleh Aku duduk disini?”, tanya seorang perempuan berambut panjang yang menepuk bahuku.
         “Oh ya, silahkan saja”, kataku sambil menggeser tubuhku kesamping sehingga anak perempuan itu bisa duduk.
         “Makasih. Ngomong-ngomong Kamu orang baru disini ya?”, tanya anak itu dengan senyuman ramah.
            Aku mengangguk.
         “Kalo boleh tau nama Kamu siapa?”.
         “Namaku Nisa, Kamu?”, tanyaku balik.
         “Namaku Diva. Oh ya rumahku di blok 4. Rumahmu?”
         “Kalo rumahku di blok 6 disana”, kataku sambil menunjuk gang rumahku.
         “Waaah kita bisa berteman ya? Hhhm Kamu sekolah dimana?”, katanya lagi.
         “Boleh, Aku sekolah di SMA 12 kelas 1. Kamu?”.
         “Berarti Aku panggil Kamu Kak Nisa aja deh supaya lebih sopan ya Kak?”, katanya sambil tersenyum gembira.
          Aku mengernyitkan dahi.
        “Lho emang Kamu kelas berapa dan sekolah dimana?”, tanyaku.
        “Aku masih kelas 3 SMP di SMP 17. Kak, Aku mau banget kalo udah lulus, Aku sekolah di SMA Kakak, soalnya sekolah itu adalah sekolah unggulan di kota ini”, katanya.
        “Oh ya? Bagus dong Kamu mau masuk sana, jadi Kakak ada temen kalo mau berangkat sekolah. Hihihi”.
        “Berarti Kak Nisa anak baru disana ya? Gimana Kak rasanya pertama kali masuk disana?”, tanyanya lagi.
        “Iya Div, pertama kali masuk sekolah Kakak pendiem banget, ya maklum lah namanya juga anak baru kan?”.
        “oh ya, Kak Nisa  nanti kelas 2 mau milih jurusan apa?”, katanya dengan ekspresi muka sok tau.
        “Kakak mau milih IPA. Emang kenapa Div?”.
        “Gak papa Kak hehehe”,  jawabnya sambil cengengesan.
         Aku melirik arloji ku yang tertutup lengan baju, ternyata sudah pukul 5 sore.
        “Diva, Kakak pulang dulu ya udah sore, lain kali kita sambung obrolan kita ya?”, kataku sambil berdiri menaiki sepeda.
        “Okeh deh Kak, dadah Kakak cantik”, ledeknya sambil melambaikan tangan kepadaku.
        Akupun hanya tersenyum.
        Sesampainya dirumah, setelah memarkir sepeda di garasi, Aku masuk kedalam ruang keluarga yang terlihat Mas Ikhsan, Kakakku sedang ngemil makanan ringan sambil menonton berita sore di TV. Akupun langsung duduk disamping Mas Ikhsan dan ikutan ngemil.
       Makan adalah hobiku setelah membaca, Aku bisa makan 3 kali sehari ditambah ngemil tapi yang sangat membingungkan adalah Aku tidak pernah gemuk. Waktu itu Aku senang sekali karna berat badanku naik 3 kg dari 40 kg sampai 43 kg. Tapi tragisnya karena Aku sakit, berat badanku turun lagi menjadi 40 kg. Bayangkan, untuk anak SMA  seumuranku  40 kg adalah berat badan yang kerempeng sekali.
        “Mas ganti dong channelnya, bosen tau berita melulu. Mending beritanya bagus, lah ini  tentang pembunuhan, perampokan, korupsi, penganiayaan pokoknya yang gak bermutu melulu lah”, dengusku kesal sambil terus mengunyah makanan.
        “Ah Kamu bawel Nis, Kamu tuh gak bakalan ngerti tentang beginian. Nih Kamu abisin aja chitato Mas”, kata Mas Ikhsan sambil memberikan sebungkus chitato yang tinggal sedikit.
        “Makasih Mas, udah kenyang sama berita begituan , oh ya maklum aja deh Mas Ikhsan kan anak politik jadi wajar lah kalo makanannya berita begituan mulu. Mendingan tidur”, kataku ketus sambil naik ke tangga.
        “Kamu yakin bisa kenyang, Nis? Paling sebentar lagi Kamu turun ngambil makanan di kulkas ya kan?’’, ledek Mas Ikhsan sambil tertawa terbahak-bahak.
        “Ih biarin bodo amat!’, jawabku sambil menjulurkan lidahku. Kesal.
          Sesampainya dikamar, langsung kududukkan tubuhku di kursi meja belajarku. Hhuh! Pokoknya Aku kesal sekali! Mulai sekarang Aku mengibarkan bendera perang pada Mas Ikhsan! Kemudian Aku berlari ke kamar mandi untuk mengganti celana super ketat ini. Aku tersiksa sekali memakai celana ini. Setelah itu Aku membaringkan tubuhku di kasur, membayangkan wajah lucu Diva.
        “Hhm, Aku senang bisa berkenalan dengan Diva. Diva itu lucu, baik, ramah. Akhirnya Aku dapet temam juga disini”, kataku gemas sendiri.
         Ayah dan Ibuku belum pulang dari kantor, mereka memang workhacholik. Tapi untungnya mereka masih ingat kalau mereka punya anak dan punya rumah. Kadang mereka juga lembur sampai jam 9 malam, masa-masa itulah yang paling Aku tidak suka. Dan Aku termasuk beruntung karena sebelom Ibu berangkat kerja, Ia selalu memasakkan makanan untukku dan Mas Ikhsan agar Kami tidak kelaparan. Aku tidak mau hanya sekedar ditinggalkan uang oleh Ibuku. Tapi lama-lama Aku sadar bahwa mereka bekerja seperti ini hasil yang mereka dapatkan buat Aku dan Mas Ikhsan juga, tapi….. (kayaknya banyak tapi mulu ya?) Aku gak mau kalo mereka sampai kelewat batas.
        Lalu Aku teringat tentang buku yang diberi Tante puput kemarin. Aku belum sempat membacanya. Aku berdiri menuju rak bukuku yang berisi banyak buku, ada kamus, komik, ensiklopedi, dan novel. Mengambil sebuah buku yang covernya sangat nyaman dimata dan tebal yang bejudul ‘Sunshine Becomes You’ karya Ilana Tan yang sudah termasuk Best Seller. Aku mulai khusyuk membacanya hingga terdengar adzan Maghrib berkumandang. Dan sebagai muslimah Aku langsung mengambil air wudhu untuk menunaikan salat Maghrib.
        Setelah salat, kulanjutkan membaca novelnya. Lalu, Aku merapikan buku untuk besok sekolah.  Dilanjutkan salat Isya. Kemudian Aku putuskan untuk tidur.
                                                               

       Keesokan paginya...
       Aku bangun pukul 5 pagi. Setelah mandi, berseragam, dan solat Subuh. Aku turun ke ruang makan untuk sarapan pagi dengan keluargaku. Terlihat Ibu, Ayah yang sudah siap dengan baju kantornya dan briefcasenya, dan Mas Ikhsan yang juga sudah rapih dengan pakaian ala kampusnya.
       "Pagi Ayah, Ibu, Mas Ikhsan", sapaku sambil menarik kursi untuk duduk disamping Mas Ikhsan. Mereka hanya mengangguk. Aku langsung mengambil piring dan menuangkan nasi goreng, lalu memakannya dengan lahap. Selesai sarapan, Aku mengambil 2 tangkap roti isi selai dan menaruhnya dikotak makanku. 
       Aku diantarkan sekolah oleh Mas Ikhsan yang ingin sekalian pergi ke kampusnya.
       "Nanti gak usah dijemput ya, Mas?", kataku begitu sudah sampai didepan sekolahku.
       "Lagipula siapa juga yang mau jemput Kamu?", ledek Mas Ikhsan sambil cengar-cengir.
       Mukaku bersungut-sungut.
       "Yaudah sana masuk, nanti telat terus dihukum loh", ledeknya lagi.
       Aku hanya menjulurkan lidahku sambil masuk kedalam sekolah. Aku berjalan menuju tangga untuk menuju ke kelasku. Banyak temanku, kakak kelasku yang menyapa sekedar mengucapkan selamat pagi. Aku hanya tersenyum saja.
       "Hay, Nis?", tiba-tiba ada seorang laki-laki yang menepuk bahuku, ternyata Kak Irfan, kakak kelasku merangkap ketua OSIS di sekolah ini. Kak Irfan terlihat bersama temannya, tapi Aku sama sekali nggak mengenalnya. Kulihat matanya itu tiba-tiba terpusat kearahku.
       "Oh hay juga, Kak", jawabku masih dengan pandangan aneh kepada laki-laki yang ada disamping Kak Irfan itu. Dan laki-laki itu masih saja memandangku dengan tatapan tajamnya.
        "Kenapa Nis?", tanya Kak Irfan lagi.
        "eh ng-ng-nggak papa kok. Kak, Aku ke kelas dulu ya?", kataku gugup sambil berlari mencoba menghindar dari tatapan mengerikan itu. Lalu Aku menaiki sisa anak tangga dan sampai di kelasku. Aku masih memikirkan tatapan tajam laki-laki aneh itu.




                                                                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar